Pentingnya Belajar Bahasa (Asing) 1



Alhamdulillah kita bisa menikmati hidup di zaman yang modern. tentunya banyak tantangan yang harus kita hadapi dimasa sekarang ini. salah satu nya adalah pentingnya kemampuan berbahasa asing.
dari ribuan bahasa yang ada di dunia ini, ada beberapa bahasa yang sangat perlu untuk kita kuasai.
  1.  Bahasa Arab.
  2.  Bahasa Daerah Asal
  3.  Bahasa Resmi Negara (Bahasa Indonesia).
  4.  Bahasa Inggris
  5.  Bahasa Daerah Tempat Merantau (Bagi Perantauan) 
  6.  Bahasa Asing lain nya seperti bahasa mandarin / China, Jepang, Jerman, Belanda, Ibrani/Hebrew, dll
yang pertama kenapa bahasa arab, karena sebagai seorang muslim kita harus Tafaquh Fiddin, atau paham terhadap agama. sedangkan dasar atau sumber utama dari pemahaman agama adalah Al-Qur'an dan Hadits, yang berbahasa Arab.
kenapa perlu belajar bahasa arab? padahal kan ada Al-Qur'an dan Hadits terjemahan bahasa Indonesia? jawabanya adalah karena sekarang banyak orang yang suka memelintir ayat Al-Qur'an dan Hadits untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompoknya. sehingga apabila kita tidak tau sama sekali bahasa arab akan sangat terkecoh.


Tahap I: Hafal Mufradat / Kosa Katadimualai dengan belajar kata benda/isim/noun /nama benda-benda yang ada disekitar kita, dan mempelajari kata kerja/Fiil/Verb yang sering digunakan.

Tahap II: Belajar Qoidah
memepelajari tatabahasa / grammar bahasa arab yang dikenal dengan ilmu Nahwu dan shorof.

Tahap III: Sering Berkumpul Dengan  orang lain yang bisa Bahasa Arab

latihan ngobrol dengan orang lain yang sama-sama belajar bahasa arab atau yang sudah mahir. kalau susah menenmukan teman bicara latihan bahsa inggris, kita bisa memenfaatkan media internet seperti group facebook yang membahas tentang bahsa arab.

Tahap IV: Ikuti Pengajian Kitab Bahasa Arab
bisa dengan pengajian-pengajian yang ada di masjid, TV, atau  Internet / youtube.

bersambung .....

Tidak ada komentar: